Beranda | Artikel
Husnuzhan kepada Allah - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Senin, 8 Mei 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Kajian oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Pada kajian kali ini Ustadz Abu Ihsan akan membawakan kajian dengan tema “Husnuzhan kepada Allah“.

Download kajian sebelumnya: “Buah dari Kejujuran“.

Ringkasan Kajian: Husnuzhan kepada Allah

Di antara akhlak mulia muslim sejati adalah senantiasa husnudzan atau berbaik sangka kepada Rabbnya, dan ini merupakan nikmat yang sangat bernilai. Sebab Allah Ta’ala akan mengikuti persangkaan hamba terhadapNya.

Dalam sebuah hadits qudsi, Allah berfirman menegaskan hal tersebut:

أنا عند ظن عبدي بي وأنا معه إذا ذكرني فإن ذكرني في نفسه ذكرته في نفسي وإن ذكرني في ملإ ذكرته في ملإ خير منهم وإن تقرب إلي بشبر تقربت إليه ذراعا وإن تقرب إلي ذراعا تقربت إليه باعا وإن أتاني يمشي أتيته هرولة

“Aku memperlakukan hamba sesuai sangkaannya terhadapKu, dan Aku bersamanya saat ia mengingatKu, jika ia mengingatKu pada dirinya maka Aku mengingatnya pada diriKu, jika ia mengingatKu dalam suatu kaum, maka Aku mengingatnya dalam suatu kaum yang lebih baik darinya, dan jika ia mendekat kepadaKu satu jengkalmaka Aku mendekat padanya satu hasta, jika ia mendekat padaKu satu hasta maka Aku mendekat padanya satu depa, jika ia datang kepadaKu dengan berjalan kaki, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari.” (HR al-Bukhari dan Muslim)

Setidaknya ada tiga alasan mengapa setiap muslim wajib berbaik sangka kepada Allah:

1. Pelakuan Allah sesuai dengan sangkaan kita terhadapNya
2. Allah sangat menyayangi hambaNya
3. Allah sangat gembira dengan taubat hambaNya

Simak penjelasan lengkap mengenai “Husnuzhan kepada Allah” ini di dalam kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan berikut ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian: Husnuzhan kepada Allah


Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/27077-husnuzhan-kepada-allah-aktualisasi-akhlak-muslim-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-ma/